Sunday, July 25, 2010

0
Comments

Apa itu WIMAX


WiMAX adalah salah satu teknologi broadband wireless access (BWA) seperti WiFi yang mempunyai kecepatan transfer data lebih tinggi (Max 75 Mbps) dan jangkauan yang lebih luas (Max 50 Km). WiMAX merupakan teknologi BWA yang mengacu pada standar IEEE 802.16. Ada beberapa teknologi pendukung yang menyebabkan WiMAX mempunyai data rate dan jangkauan yang lebih bagus dibanding BWA yang lain, yaitu teknologi OFDM, OFDMA, SOFDMA, Smart antenna, power control, FEC, adaptive modulation.



IEEE mengeluarkan beberapa standard tentang WiMAX. Yang pertama adalah IEEE 802.16 yang bekerja pada frekuensi 10-66 GHz. Standard ini hanya digunakan untuk kondisi LOS (Line of Sight) dan biasa diimplementasikan untuk komunikasi PtP(point to point). Standard selanjutnya adalah IEEE 802.16a yang dikeluaran pada tahun 2003 yang bekerja pada frekuensi 2-11 GHz dan sudah menggunakan teknologi OFDM sehingga bisa digunakan untuk kondisi NLOS.

Selanjutnya dikeluarkan standard IEEE 802.16e Rev 2004 yang dikeluarkan pada tahun 2004. Pada standard ini sudah digunakan teknologi OFDMA, juga bekerja pada frekuensi 2-11 GHz. Pada standard ini juga memungkinkan digunakan untuk kondisi NLOS dan mempunyai kemampuan portable (belum mobile). Perkembangan yang terakhir adalah standard IEEE 802.16e 2005 yang bekerja pada frekuensi 2-6 GHz dan sudah mempunyai kemampuan mobile. Pada standard ini digunakan teknologi SOFDMA yang mendukung fleksibilitas dalam menangani regulasi pemerintah dan kebuthan operator.
WiMAS diramalkan akan mendominasi pasar broadband dikarenakan fiturnya yang menjanjikan. WiMAX bisa menjadi pesaing dari 3G atau juga saling mendukung satu sama lain. Implementasi WiMAX antara lain :
1. cellular backhoul
2. WiFi backhoul
3. Public safety
4. Perbankan
5. lain-lain

sumber maklumat : www.google.com

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment